Coding Studio sebut ada beberapa Keahlian Bidang IT Ini Bakal Dicari

Co-Founder Coding Studio, Calvin mengatakan, sekitar tahun 2030 nanti diprediksi akan ada bonus demografi di Indonesia yang mana usia produktif akan lebih banyak dari usia non produktif. Oleh sebab itu, sumber daya manusia di bidang teknologi termasuk yang paling banyak dicari. Itu sebabnya, penduduk dengan usia produktif perlu menyiapkan diri agar memiliki skill di bidang teknologi yang kerap dicari oleh banyak perusahaan.

Tenaga kerja digital yang dimaksud ini adalah sumber daya manusia yang mumpuni di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan penguasaan teknologi digital terkini, kelas coding online seperti cloud, kecerdasan buatan, analitik big data, cyber security, pengembangan software sampai blockchain,

Pernyataannya itu, berlandaskan pada riset McKinsey dan World Bank memperkirakan bahwa Indonesia membutuhkan sembilan juta tenaga kerja digital sampai tahun 2030, atau sekitar 700 ribu talenta digital setiap tahunnya. Ia menyontohkan salah satunya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

World Economic Forum web development bootcamp menyatakan bahwa Artificial Intelligence atau AI merupakan teknologi dengan pertumbuhan tercepat, dan akan menciptakan 133 juta pekerjaan baru pada tahun 2025.

“AI dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar dan ucapan, klasifikasi gambar, dan pengenalan wajah,” jelas Calvin.

Kemudian, pekerjaan di bidang software development meliputi perancangan, pengembangan, pengujian serta pemeliharaan sistem. Karena kian meningkatnya permintaan terhadap software serta aplikasi, profesi di bidang software dan application development dapat meningkat hingga 21-28 persen pada tahun 2028.

Oleh sebab itu, untuk mengakomodir kebutuhan tersebut Coding menyediakan beragam materi pelajaran IT secara daring untuk masyarakat di lebih dari 267 kota di Indonesia. Beberapa materi terkait IT seperti Programming, Data Science, Cyber Security, Rancangan Antarmuka Pengguna (UI/UX Design), Pemasaran Digital, dan sebagainya.

Coding Studio ingin mencetak jutaan talenta digital mulai dari anak kecil, remaja bahkan dewasa dengan berbagai latar belakang. Kami yakin bahwa siapapun bisa menjadi talent IT, karena ini adalah peluang emas Indonesia untuk menjadi garda terdepan untuk maju dalam industri teknologi,” ujar Calvin selaku Co-Founder Coding Studio.